BAHAN AJAR PENELITIAN TINDAKAN KELAS
PENDAHULUAN
Pemahaman konsep tentang penelitian tindakan kelas ini penting untuk semua guru yang akan melaksanakan penelitian jenis ini. Banyak pengalaman membuktikan bahwa telah terjadi kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh peneliti yang semestinya tidak tepat atau tidak perlu diperbuat dalam penelitian tindakan kelas. Misalnya, ada peneliti memperlakukan penelitian ini seperti penelitian eksperimen yang dalam metodologinya terdapat pupulasi dan sampel, padahal tidak demikian pada penelitian tindak kelas yang hanya memerlukan kelas sebagai objek penelitian. Banyak lagi kekeliruan konsep yang terjadi dalam memahami penelitian tindakan kelas sebagai salah satu bentuk penelitian yang memiliki keunikan tersendiri.
Penelitian tindakan kelas ini muncul dari pemikiran yang berkembang tentang persyaratan kemampuan guru oleh Proyek Pengembangan Pendidikan Guru (P3G) pada tahun 1980. Menurut P3G ada sepuluh kemampuan yang diperlukan bagi seorang guru yang profesional. Meskipun demikian, dijelaskan pula oleh P3G bahwa bukan hanya kemampuan profesional yang diperlukan bagi seorang guru yang sangat diidamkan, melainkan diperlukan juga kemampuan lain, yaitu kemampuan pribadi dan kemampuan sosial. Secara keseluruhan tiga kemampuan tersebut dikenal dengan sebutan: "Tiga Rumpun Kompetensi Guru", dan kemampuan yang terkait dengan profesi guru disebut "Sepuluh Kompetensi Profesional Guru".
Demikian pula dalam Standar Nasional Pendidikan (2005), sepuluh kompetensi tersebut disempurnakan menjadi empat kompetensi, yaitu (1) kepribadian, (2) profesional, (3) kependidikan, dan (4) sosial. Penyempurnaan tersebut dilakukan karena dari pengamatan praktik sehari-hari terkesan bahwa dalam mengajar, guru cenderung mengutamakan mengajar secara mekanistis, dan agak melupakan tugas mendidik.
Di antara butir dari kompetensi profesional guru tersebut yang langsung terkait dengan kebutuhan para guru untuk promosi kenaikan pangkat dan jabatan mulai dari golongan 11a ke atas sesuai dengan yang lama adalah kompetensi profesional, yaitu kemampuan melakukan penelitian sederhana dalam rangka meningkatkan kualitas profesional guru, khususnya kualitas pembelajaran.
Komentar
Posting Komentar